Masa Depan Demokrasi dan Gerakan Islam Nusantara

Surat Shofwan Karim London-Kualalumpur (2) :

Masa Depan Demokrasi

dan Gerakan Islam  Nusantara

Sahabat-sahabatku. Kami seharusnya take off dari London Heathrow, Selasa, 3/8 pukul 3 petang waktu setempat. Tetapi tertunda 3 jam di dalam perut pesawat Egypt Air karena hujan lebat, petir dan halilintar. Belum pernah ada keadaan serupa  dalam perjalanan kami sebelumnya. Tidak mungkin penumpang kembali ke ruang transit Bandara. Kru pesawat  mengumumkan hal itu dilakukan supaya kalau cuaca baik, tidak akan tejadi penundaan lain. Karena bila keluar dan untuk masuk masuk kembali perlu  waktu 2 jam untuk boarding ulang.
Waktu terbang London-Cairo atau sebaliknya adalah seperti sebelumnya,  4 jam 55 menit. Kami sampai di Cairo sudah pukul 12.25 tengah malam. Padahal baru terbang lanjutan  besok 4/8, pukul 10 pagi. Artinya transit lebih kurang  10 jam.  Alhamdulillah perusahaan penerbangan  Egypt menservis untuk hotel, jemput-antar dan konsumsi. Berikutnya, penerbangan Cairo-Bangkok 9 jam.  Hal yang sama juga dilakukan ketika kami transit lebih kurang 8 jam di Bangkok dengan hotel, transport dan kumsumsi. Yang terakhir ini agak mengcengangkan saya. Karena sambungan pagi 5/8 Bangkok-Singapura, yang akan kami tempuh  2 jam  bukan lagi dengan penerbangan Egypt Air, tetapi dengan Thailand Air atau TG.
Jadi, kerja sama semua penerbangan dengan Travel Agent Natrabu Padang yang mengurus ticketing kami sangat baik. Padahal sebelumnya saya  pernah membayangkan   untuk terlunta-lunta. Keadaan  yang  kadang-kadang dialami orang lain dari travel agen lain. Sesampai di Singapura, 5/8 siang pukul 11.25 kami ingin langsung ke KL dengan penerbangan ulang-alik dua ibu negara jiran itu. Tetapi harga tiketnya mahal. Maka dengan menggunakan Bus dari Singapura, malam pk. 20 hari yang sama, kami  sampai di terminal utama jalan darat Pudu Raya, KL. 
Jum’at 6-7/8  ada agenda di negeri yang dianggap paling terkemuka di 57 negara anggota organisasi konferensi Islam ini. Petang Jum’at itu, saya bertemu Saldi Isra, dosen muda Fakultas Hukum Unand. Saldi kini intelektual Sumbar yang sudah kembang sayap secara nasional. Ia akan menjadi pemakalah tentang sistem Pemilu Indonesia.  Tak lama kemudian kami duduk semeja dengan Presiden PKS Indonesia Dr. Hidayat Nur Wahid, MA yang akan bicara soal etika poltik.
Dengan berbisik-bisik dengan Ustazd Hidayat, saya dapat menerka kemana arah PKS pada Pemilu Presiden putaran ke-2,  20 September ini di Indonesia Saya tanyakan bagaimana  terakhir situasi itu di Indonesia setelah saya hampir tiga pekan tidak di Tanah Air. Lebih dari itu, saya ingin mengatakan, Presiden PKS  yang masih relatif muda dan memiliki dua putra dan dua putri itu  sangat dihormati di sini. Oh, ya. Saya  ingin mengatakan pula Abdullah Hehamahuwa, mangtan ketua PB HMI juga hadir bersama aktivis Muhammadiyah Aktivanus dari Padang Panjang yang sudah mukim di negeri jiran ini.
Lainnya, bersama Ustazd Abdul Ghani Syamsuddin, Ketua Persatuan Ulama Malaysia (PUM), duduk semeja dengan kami   ada seorang peneliti dari Singapura dan aktivis Islam dari Thailand. Ada sekitar 150 orang peserta. Mereka,  selain dari  Indonesia,  Singapura, Thailand, dan tuan rumah Malaysia, ada pula dari Pakistan, Kamboja, Berunai dan beberapa negara di rantau Asia. Petang Jum’at 6/8 itu  seminar dibuka dengan jamuan makan malam bersama.
            Seminar bertema utama , “Masa Depan Demokrasi dan Gerakan Islam di Nusantara”. Lalu subtemanya adalah “Pemurnian Amalan Demokrasi Pemangkin Perjuangan Umat  Serantau”.  Pada sesi pertama tampil wakil dari Partai Keadilan. Kemudian tampil  Jamah Ishlah Malaysia (JIM). Ingat, akronimnya JIM bukan Islam tetapi Ishlah, artinya di sini reformasi. Jadi tidak ada kaitan JIM ini dengan “JIM” lainnya. Apalagi dengan tuduhan pihak tertentu terutama pihak Barat tentang “:JIM” lain tadi,    dengan apa yang disebut terkait dengan terorisme dan bom Bali  atau Bom Mariot dan sebagainya. ***




Comments

Popular posts from this blog

Islam di Minangkabau

Otonomi dan Perjuangan Pribumi Indian di Amerika